OpiniPajak

Peranan Penting Konsultan Pajak bagi UMKM

Profesi konsultan pajak di Indonesia sangatlah dibutuhkan, dalam dunia bisnis di Indonesia saat ini.Terutama saat pandemi seperti ini berkembangnya UMKM sangat signifikan dan Konsultan pajak amat berperan nantinya.

Namun persaingan profesi khususnya di bidang konsultan pajak terbuka luas sehingga konsultan pajak asing sangat berpeluang masuk ke Indonesia dengan kompetensi yang lebih tinggi dalam penggunaan Bahasa inggis. Konsultan pajak berfungsi untuk memeberikan jasa konsultasi, jasa pengurusan, jasa perwakilan, jasa pendampingan dan pembelaan klien dalam rangka penyelidikan dan pengadilan pajak serta jasa lainnya di bidang perpajakan.

Dilansir dari ddtc.co.id, jumlah konsultan pajak di Indonesia sebanyak 3.500 konsultan dan jumlah wajib pajak tercatat mencapai 42 juta. Untuk satu konsultan pajak di Indonesia setidaknya menangani 12.000 orang wajib pajak. Dengan perbandingan jumlah wajib pajak yang ditangani oleh satu konsultan pajak yang ada di Indonesia, maka dapat disimpulkan pangsa pasar untuk jasa konsultan pajak di Indonesia masih sangat luas.

Mari kita memahami Peran Penting Konsultan Pajak bagi Bisnis UMKM di Indonesia

Konsultan pajak adalah perantara antara UMKM dengan otoritas pajak. Konsultan menyiapkan laporan pajak, mengurus kepatuhan pajak, melakukan perencanaan pajak, memeriksa perpajakan bisnis, mendampingi saat ada pemeriksaaan pajak, konsultasi, mengurus restitusi pajak, hingga bantu menyelesaikan sengketa pajak.

Peran konsultan pajak sangat penting dan dapat mewakilkan UMKM saat ada urusan terkait perpajakan bisnis mereka. Bagaimanapun, UMKM tetap harus patuh jika berhubungan dengan urusan pajak. Mengingat aturan perpajakan cukup rumit dan tidak mudah, bahkan berakibat sanksi administrasti ataupun pidana. 

Konsultan pajak pun menghemat waktu bagi pemilik bisnis UMKM. Laporan SPT tahunan, pembuatan estimasi pembayaran pajak, sampai bisa saja ada koreksi fiskal yang perlu dilakukan bisnis sudah terurusi dengan baik. Secara tidak langsung, bimbingan pajak bagi bisnis pun mengurangi beban administratif, bisnis lebih tahu tentang pajak usaha, termasuk apa manfaat ketika bisnis mulai membayar pajak. 

Lalu apa saja sih,keuntungan dari menggunakan jasa Konsultan Pajak bagi Pelaku Bisnis utamanya UMKM :

  • Dengan menggunakan jasa konsultan akan membuat proses perpajakan menjadi lebih efisien dan tingkat kesalahan sangat kecil sehingga resiko lebih bayar bisa nol;
  • Pelaku Bisnis tidak terbebani dengan urusan adminisratif perpajakan misalnya membuat laporan sampai pelaporannya dapat ditangani ooleh konsultan pajak;
  • Tidak perlu khawatir saat dilaksanaan pemeriksaan pajak karena di dampingi konsultan yang paham tentang prosedur pemeriksaan dan siap mengantisipasi kesahalan hitung yang pada akhirnya dapat merugikan pelaku bisnis
  • Dapat mengatasi masalah lebih cepat sehingga tidak perlu menyita waktu dan pikiran dari para pelaku bisnis
  • Pelaku bisnis dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis karena permasalahan pajak sudah ada di tangan konsultan;
  • Pelaku bisnis bisa melaksanaan tax planning atau perencanaan pajak dengan lebih optimal;

Untuk itu Pelaku Bisnis dapat memberikan kuasa kepada seorang konsultan pajak untuk menangani kewajiban perpajakan dari mulai mempersiapkan, menghitung, sampai melaporkan pajak yang telah dibayarkan. Pastinya dalam perkembangan bisnis terutama UMKM menggunakan jasa konsultan pajak sangatlah direkomendasikan dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensinya, jadi demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, menggunakan jasa konsultan pajak untuk segala urusan perpajakan sangatlah penting untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *