Hukum

Bisakah Pemegang Saham Mengajukan Gugatan Terhadap Anggota Direksi?

Dalam Pasal 97 ayat (6) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas memberikan hak kepada pemegang saham dengan mengatasnamakan Perseroan untuk mengajukan gugatan kepada Pengadilan Negeri terhadap anggota Direksi yang melakukan kesalahan/kelalaian dalam menjalankan pelaksanaan pengurusan Perseroan.

Hak pemegang saham itu timbul bilamana kesalahan/kelalaian yang dilakukan oleh anggota Direksi tersebut menimbulkan kerugian pada perseroan.

Akan tetapi, tidak sembarang Pemegang Saham yang boleh asal menggugat, dengan kata lain tidak semua pemegang saham perseroan dapat melakukan gugatan dikarenakan ada syarat kuantitas yang harus dipenuhi oleh Pemegang Saham.

Kewenangan Pemegang Saham yang menggugat hanya diberikan kepada pemegang saham yang mewakili paling sedikit 1/10 (satu persepuluh) bagian dari jumlah seluruh saham dengan hak suara. Boleh terdiri dari 1 orang pemegang saham, jika saham yang dimilikinya mencapai 1/10 (satu persepuluh) bagian/bisa juga terdiri dari beberapa orang pemegang saham, asal jumlah saham yang mereka miliki mewakili paling sedikit 1/10 (satu persepuluh) bagian dari jumlah seluruh saham yang mempunyai hak suara.

JSP Law Firm – www.jsp-lawfirm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *