Kesehatan

4 Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi bisa terjadi karena kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.

Kolesterol merupakan zat lemak yang di produksi oleh hati untuk pembentukan membran sel dan hormon tertentu.

Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Seperti yang kita tahu, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia.

Menurunkan kolesterol

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut jenis makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol:

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, kacang juga kaya akan asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan L-arginine adalam kacang juga membantu mengatur tekanan darah.

Terlebih lagi, kacang menyediakan pitosterol. Senyawa tanaman ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus Anda.

Kalsium, magnesium dan potasium dalam kacang-kacangan juga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Buah beri

Hampir semua jenis buah, termasuk buah beri, mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

Buah beri juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena efek antioksidan dan anti-inflamasinya.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah beri juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Cokelat hitam dan kakao

Konsumsi cokelat hitam dan kakao telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kakao dan cokelat hitam juga melindungi kolesterol LDL “jahat” dalam darah Anda dari oksidasi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

  1. Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau gelap, seperti kangkung dan bayam, mengandung lutein dan karotenoid, yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Karotenoid merupakan antioksidan yang membantu menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan pengerasan arteri.

Sayuran hijau gelap juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *