Hukum

Tenggang Waktu Pengajuan Gugatan Tata Usaha Negara

Gugatan dapat diajukan hanya dalam tenggang waktu sembilan puluh hari terhitung sejak saat diterimanya atau diumumkannya Keputusan Badan Atau Pejabat Tata Usaha Negara.

Bagi pihak yang namanya tersebut dalam Keputusan Tata Usaha Negara (“KTUN”) yang digugat, maka tenggang waktu Sembilan puluh hari dihitung sejak hari diterimanya KTUN yang digugat.

Dalam hal yang hendak digugat merupakan keputusan menurut ketentuan:

  • Pasal 3 Ayat (2) UU No.5 Tahun 1986, maka tenggang waktusembilan puluh hari dihitung setelah lewatnya tenggang waktu yang ditentukan dalam peraturan dasarnya, yang dihitung sejak tanggal diterimanya permohonna yang bersangkutan;
  • Pasal 3 Ayat (3) UU No. 5 Tahun 1986, maka tenggang waktu Sembilan puluh hari dihitung setelah lewatnya batas waktu empat bulan yang dihitung sejak tanggal diterimanya permohonan yang bersangkutan.

Bagi pihak yang tidak dituju oleh suatu KTUN tetapi merasa kepentingannya dirugikan, maka tenggang waktu Sembilan puluh hari sebagaimana dimaksud Pasal 55 dihitung secara kasuistis sejak saat ia merasa kepentingannya dirugikan oleh KTUN dan mengetahui adanya keputusan tersebut.

JSP Law Firm – www.jsp-lawfirm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *